Pengertian Lengkap Tentang Kanker Tulang

Pengertian Lengkap Tentang Kanker Tulang

Kanker tulang menjadi jenis penyakit kanker yang cukup langka, bisa di katakan memang jarang menemukan seseoarang yang mengidap penyakit kanker tulang. Namun, meskipun begitu anda harus berhati-hati bagaimanapun juga penyakit kanker ini terbilang jenis kanker yang perlu anda waspadai, bukan tidak mungkin jika kita orang yang terlihat sehat-sehat saja bisa terserang penyakit kanker. Semua juga tahu bahwa penyakit kanker memiliki banyak jenis yang terkadang membuat orang bingung untuk mengenalinya, yang mana semua jenis kanker tersebut memang patut di waspadai karena  bisa menyerang anggota tubuh manusia mana saja bahkan juga tulang yang biasa di sebut dengan kanker tulang.

kanker tulang ini terjadi ketika sel-sel di dalam tulang tidak berkembang secara teratur. Dan jika sel-sel tulang tersebut tidak berkembang secara teratur dengan terus-menerus hal tersebut bisa berakibat tumbuhnya tumor pada tulang. Dan paling banyak tumor yang tumbuh pada tulang adalah tumor ganas atau kanker. berikut pengertian lengkap tentang kanker tulang.

Jenis kanker Tulang

Kanker tulang di sebut sebagai kanker tulang premier ketika sel kanker tersebut hanya tumbuh pada satu tulang saja tanpa menyebar ketulang lainnya. Namun, jika sebaliknya sel kanker tulang sudah menyebar ke tulang-tulang lainnya di dalam tubuh maka kanker tulang tersebut di sebut kanker tulang sekunder.

Adapun jenis-jenis kanker tulang antara lain:

  • Osteosarcoma. Jenis kanker tulang yang satu ini menjadi jenis yang cukup umum terjadi. Osteosarcoma ini biasanya terjadi pada tulang pinggul, kaki dan juga tangan. Jenis ini lebih cenderung mwenyerang laki-laki usia 10 hingga 30 tahun, yang memiliki riwayat sindrom kanker tulang, atau pernah transplantasi sunsum tulang.
  • Chondrosarcoma. Bisa di katakan jika kanker tulang yang satu ini menjadi jenis yang paling rawan dan juga jenis ini menjadi jenis yang juga kerap terjadi. Dimana jenis ini menjadi kondisi genetik yang menyebabkan terjadinya benjolan pada tulang. Yang bisanya terjadi pada orang berumur di ats 20 tahun
  • Ewing-sarcoma. Jenis yang terjadi pada tulang lengan dan juga rongga kaki. Yang rentan menyerang manusia pada umur di bawah 30 tahun.
  • Chordoma. Menjadi jenis kanker tulang yang sering terjadi pada tulang tengkorang dan juga tulang belakang.
  • Fibrosarcoma. Jenis kanker tulang yang satu ini bisa di katakan jenisyang bisa berpindah dengan cepat. Pada dasarnya jenis ini menyerang pada jaringan lunak seperti lemak, otot, tendon dan juga ligamen. Yang lama-kelamaan akan berpindah pada tulang kaki, tulang lengan dan juga bahkan pada tulang rahang. Dan paling banyak jenis ini menyerang pada manusia umur setngah baya dan juga lanjut usia.
  • Giant cel tumor. Merupakan sebuah tumor yang sangat ganas yang sering menyerang tulang kaki dan juga tulang lengan. Bahkan presentasi dari kanker tulang yang satu ini 10% dari kasus kanker tulang. Lebih rentan menyerang pada usia muda hingga setengah baya.

Penyebab

Sampai saat ini penyebab terjadinya kanker tulang pada tubuh manusia belum di ketahui secara pasti apa penyebabnya, namun tampaknya dari hasil penelitian faktor terbesar yang jadi penyebab kanker tulang ini terjadi karena faktorgenetik atau keturunan, jadi jika sasat ini ada darikeluarga anda yang mengidap kanker yang satu anda harus waspada, karena terkadang keturunan dari pengidap kanker lebih beresiko cukup tinggi.

Selain faktor genetik di perkirakan juga karena kondisi kelainan sel tulang yang  menjadikan resiko terjadinya kerusakan pada tulang.

Faktor Resiko Kanker Tulang

Selain mengetahui penyebabnya, Anda juga harus-hati-hati. Jika Anda tidak ingin mengidap pneyakit kanker tulang, sebaiknya Anda juga harus tahu faktor resiko apa saja yang bisa membuat kanker jenis ini menyerang manusia. Dengan Anda mengetahui faktorresiko kanker tulang hal ini bisa anda jadikan pedoman untuk bisa menghindarinya. Ai bawah ini beberapa faktor-faktor yng menjadi penyebab kanker tulang.

  1. Riwayat keluarga pengidap kanker/faktor genetik yang sudah di katakan tadi di atas.
  2. Adanya masalah metabolismen pada tulang yang pada awalnya bukan penyakit kanker [penyakit paget]
  3. Sering beraktivitas di bawah paparan sinar matahari.
  4. Terjadi cidera tulang yang serius.

Gejala-gejala yang di timbulkan

Setelah Anda mengetahui penyebab, jenis, serta faktor resiko kanker tulang, saatnya Anda mengetahu gejala-gejala yang di timbulkan. Pada dasarnya gejala kanker yang satu ini cukup bervariasi tergantung di mana tumor tersebut tumbuh. Berikut gejala-gejala yang di timbulkan untuk anda waspadai.

  1. Adanya rasa sakit pada tumor yang tumbuh di antara tulang.
  2. Rasa nyeri di dalam tulang yang sangat parah.
  3. Jika tersenggol atau terjatuh lebih rentan terjadi patah tulang padahal hal yang menyebabkan tidak serius.
  4. Demam tinggi dan juga berkeringat pada malam hari.
  5. Sulit bernafas.
  6. Mudah merasa lelah.
  7. Nafsu makan berkurang.
  8. Berat badan yang mulai turun drastis.

Mungkin bagi orang yang tidak tahu tentang penyakit kanker tulang atau kanker jenis lainnya mereka tidak mengetahui secara betul, apakah gejala-gejala di atas merupakan gejala yang mengakibatkan sebuah penyakit yang serius atau tidak? Karena memang pada dasarnya seperti gejala demam serta nyeri yang terjadi pada tulang kerap menimpa siapa saja, terutama bagi mereka yang memiliki aktivitas berat.

Diagnosis

Jika Anda maupun keluarga Anda mengalami gejala di atas yang telah saya sebutkan secara bersamaan cobalah segera memeriksakan diri pada dokter. Bagaimanapun juga sebelum pemeriksaan fisik dokter akan mencari tahu dulu riwayat kesehatan pada diri Anda. Untuk itu jika terjadi gejala-gejala di atas pada diri anda, dokter akan melakukan beberapa tes atau beberapa cara untuk mendiagnosisnya, seperti di bawah ini..

  1. Tes darah. Tes darah disini berguna untuk mengetahui kadar enzim alkaline phosphatase. dengan adanya oeningkatan pada kadar enzim bisa jadi hal itu terkait dengan adanya tumor pada tulang.
  2. Foto Rontgen atau X-ray. Sebuah tes untuk mendapatkan gambar struktur atau kondisi yang ada di dalam tubuh, terutama pada tulang yang di eluhkan merasa nyeri.
  3. Scan Tulang. Cara diagnosi yang satu ini banyak di gunakan para dokter untuk mendiagnosis kanker tulang pada pasien. dengan cara menyuntikkan sebuah zat radioaktif pada aliran darah, yang kemudian zat tersebut di serap pada jaringan tulang yang kemudian akan melacak apakah terjadi tumor tulang atau tidak.
  4. CT-Scan. Cara ini masih dalam satu keluarga dengan rontgen atau X-ray yang berguna untuk mengambil gambar strukstur di dalam tubuh. Namun, bedanya hasil foto dari CT-scan ini lebih baik dan jelas di bandingkan dengan Rontgen/X-ray.
  5. Biopsi. Sebuah tes untuk mnedagnosi kanker tulang dengan mangambil sempel jaringan pada tulang untuk menguji sel-sel tulang yang ada di dalamnya.
  6. MRI Scan. Sebuah tes yang menggunkan gelombang magnetik untuk mengetahui strukstur yang ada di dalam tubuh.

Itulah 6 cara yang bisa di gunakan untuk mendiagnosisi seseorang mngiadap penyakit kanker tulang atau tidak. Pada dsarnya semua cara mendiagnosis di atas bisa di lakukan berulang-ulang untuk mendapatkan hasil yang positif.

Pengobatan

Jika Anda mengalami beberapa gejal di atas, dan ketika di diagnosisi Anda positif mengidap kanker tulang, anda jangan terlalu bmerasa khawatir, karena menurut medis kanker tulang ini bisa di sembuhkan jika di tangani secara cepat dan tepat. Dan untuk pengobatan kanker tulang ini tergantung jenis, stadium, serta lokasi tumor tulang yang tumbuh.

Kemoterapi

Kemoterpai memang menjadi sebuah pngobatan yang sering di lakukan untuk penyakit kanker seperti juga kanker tulang ini. Kemoterapi adalah sebuah pengobatan kanker yang menggunakan obat-obatan yang berupa pil, suntik dan kateter, dimana semua obat tersebut akan masuk pada aliran darah yang beredar ke seluruh tubuh yang akan membunuh sel-sel kanker dan juga bahkan membunuh sebagian dari sel-sel normal.

Terapi Radiasi

Terapi radiasi ini merupakan sebuah pengobatan yang di cocok untuk mengobati kanker tulang. dimana cara pengobatan yang satu ini bekerja untuk membunuh sel-sel kanker dan juga menyusutkan tumor tulang. Terapi radiasi ini memiliki 2 teknik yang berbeda yaitu:

  • Terapi radiasi eksternal. Sebuah terapi radiasi yang di arahkan tepat pada tumor yang tumbuh dengan menggunakan radiasi di luar tubuh
  • terapi radiasi internal. Radiasi yang di masukkan di dalam tubuh yang berada di dekat sel-sel kanker secara langsung.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *