6 Jenis Penyakit Kanker yang Menyerang Wanita

6 Jenis Penyakit Kanker yang Menyerang Wanita

Semua orang di dunia ini sudah tahu bahwa penyakit kanker merupakan sebuah penyakit pembunuh manusia nomer satu di dunia. Semua orang dari berbagai kalangan ssperti anak-anak, orang dewasa, orang tua laki-laki, perempuan semuanya bisa di serang penyakit kanker, jika memang memiliki perilaku yang tidak sehat dalam hidupnya. Dan pada uraian kali ini akan di bahas mengenai 6 jenis penyakit kanker yang menyerang wanita. Wanita memang di ciptakan dengan banyak kesempurnaan, seperti bentuk tubuh yang indah, kulit yang halus, wajah yang cantik, tentunya semuanya itu menjadi kebanggaan setiap wanita. Namun, jika semua kesempurnaan itu tidak di jaga dan di rawat dengan baik bukan tidak mungkin jika ada penyakit mematikan yang mampu menyerang mereka seperti penyakit kanker. Ada banyak jenis penyakit kanker yang menyerang wanita, terutama 6 jenis yang akan di jelaskan pada uraian kali ini. Bisa di katakan jika 6 jenis penyakit kanker yang menyerang wanita ini merupakan jenis penyakit kanker yang cukup kerap mematikan perempuan di dunia. Berikut ke 6 jenis penyakit kanker tersebut…

1. Kanker Serviks

Bagi para wanita, tentunya sudah tidak asing lagi dengan jenis kanker yang satu ini. Ya…. kanker seriks yang merupakan jenis penyakit kanker pembunuh wanita nomer satu di dunia, yang mna jenis kanker ini masuk dalam jenis kanker yang perlu anda waspai. Penyakit kanker ini menyerang pada oragan intium wanita tepatnya pada mulut rahim atau liang senggama. Kanker ini ditandai dengan keputihan, yang lama-kelamaan keputihan tersebut akan berwarna kuning dan memiliki bau yang menyengat, gatal di bagian vagina, nyeri pada perut bagian bawah, mengalami pendarahan, susah kencing dan mngeluarkan darah ketika berhubungan seksual.

Dan yang memiliki resiko terhadap kanker serviks ini adala:

  • Wanita yang telah berhubungan seks di bawah umur 18 tahun.
  • Sering gonta-ganti pasangan seks.
  • Pekerja seks komersial.
  • Pernah mngelami infeksi yang lama pada bagian vagina.
  • Menderita penyakit HIV.
  • Dan juga wanita perokok.

Dan untuk antisipasi agar tidak menderita jenis penyakit kanker yang mematikan ini, Anda bisa melakukan pemeriksaan pap smear secara berkala, yang mana cara ini akan membantu anda untuk mendeteksi ada tidaknya sel kanker serviks pada agina anda sejak dini. Selain melakukan pap smera anda juga bisa melakukan suntik vaksinasi anti kanker serviks. vaksinasi ini cukup di anjurkan untuk wanita usia 9 hingga 26 tahun. Bahkan meskipun sudah melakukan vaksinasi kanker seviks dan juga pap smear untuk menjaga kesehaan vagina anda cukup dianjuran tetap melakukan vaksinasi HPV secara regular minimal setelah 3 tahun melakukan hubungan seks.

2. Kanker Payudara

Kanker serviks dan kanker payudara memang bukan menjadi sebuah penyakit kanker yang asing lagi bagi para wanita. Pada dasarnya kedua jenis penyakit kanker tersebut memang menjadi jenis kanker yang mematikan bagi para wanita di dunia teriutama juga di Indonesia. Kanker payudara ini merupakan sebuah tumor ganas yang tumbuh pada payudara wanita. Ciri-cirinya terdapat benjolan  pada payudara, yang mana benjolan tersebut tersebut kadang terasa sakit. Dan ciri-ciri lain puting payudara akan mengeluarkan nanah atau darah, selain itu ada bagian apyudara yang kerasa dan juga mengeluapas sehingga terlihat seperti kulit jeruk yang layu.

Adapun faktor penyebab terjadi kanker payudara ini di karenakan

  • Tidak pernah melahirkan atau menyusui.
  • Faktor genetik atau keturunan.
  • Pola hidup yang tidak sehat.
  • Sering makan makanan junk food.
  • Sering makan makanan yang berprotein tinggi namun rendah serat.
  • Menggunakan pil kontrasepsi pada usia muda.
  • Sering menggunakan hormon penambah gaerah seks.
  • Payudara yang sering terkontaminasi dengan bahan-bahan kimia.
  • Pernah melakukan radiasi terhadap payudara.
  • Dan sering begadang.

Jika Anda merasa ada benjolan pada patyudara atau hal aneh lainnya, segeralah melakukan pemeriksaan pada dokter agar bisa di ketahii sejak dini apakah ada benjolan tumor ganas pada payudara anda atau tidak. Jenis penyakit kanker payudara ini bisa di diagnosa dengan menggunakan CT scan, inframerah, biopsi, ultrasonografai dan juga mammografi.

Dan untuk pencegahan sering-seringlah makan sayuran dan buah, olah raga teratur, dan Anda bisa melakukan tes mammografi secara rutin.

3. Kanker Ovarium

Jika pria bisa terserang kanker prostat, wanita juga bisa terserang beberpa jenis penyakit kanker yang menyerang alat reproduksinya yaitu kanker ovarium. Kanker ovarium menjadi jenis penyakit kanker yang cukup rentan menyerang wanita, kanker ovarium ini terjadi pada organ reproduksi wanita, yang lebih tepatnya pada tempat sel telur berkembang. Kanker ovarium ini terkadang lebih di kenal dengan nama kanker rahim atau juga kanker indung telur. Gejala-gejala yang di timbulkan oelh kanker ovarium ini adalah:

  1. Perut terasa penuh dan kembung.
  2. Merasa mual dan muntah.
  3. Perut yang membesar.
  4. Sering merasa kenyang.udah lelah dan pusing.
  5. Terjadi pendarahan.
  6. Dan juga daya tubuh yang mulai menurun.

Penggunaan alat kontrasepsi seperti KB suntik atau pil kontrasepsi di tengarai sebagai pemicu utama timbulnya kanker ovarium ini. Selain itu juga ada beberpa faktor lainnya seperti:

  • Kehamilan pada usia lanjut.
  • Menstruasi yang tidak teratur terkadang terjadi lebih awal.
  • Faktor genetik/keturunan.
  • Pernah memiliki riwayat mengidap kanker payudara.
  • Tidak pernah melahirkan.
  • Masa monopause yang terlambat.
  • Endometriosis.

Kanker ovarium ini lebih rentan menyerang wanita pada umur di atas 55 tahun, dan juga wanita yang melahirkan anak pertama pada usia di atas 30 tahun.

4. Jenis Penyakit Kanker Vulva

Kanker vulava adalah sebuah tumor ganas yang tumbul di bagian vula , dan vulva sendiri adalah bagian luar dari reproduksi wanita yang meliputi lubang vagina, lubang uretra, klirotis dan juga labia. dan kanker vulva ini lebih rentan terjadi pada wanita yang telah mengalami monopouse. Dan gejala-gejal yang di timbulkan dari kanker vulva ini biasanya adalah adanya benjolan dan juga kulit yang kerasa pada bagian vulva. selain itu juga ada gejala lain seperti rasa gatal yang parah pada lubang vagina, sehingga terjadi pendarahan dan juga keluarnya cairan encer.

Dan faktor penyebab dari jenis pneyakit kanker vagina ini hampir sama dengan kanker serviks yaitu:

  • Melakukan hubungan seks di bawah umur 19 tahun.
  • Memiliki pasangan seks lebih dari 2.
  • Pernah terserang virus HPV.
  • Kurangnya kebersihan pada organ intim.
  • Pernah menderita penyakit kronik pada bagian vulva.
  • Wanita perokok.
  • Monopouse terjadi pad umur 45 tahun.
  • Pernah memiliki riwayat kanker payudara.

Selain faktor yang hampir sama dengan kanker serviks, cara pencegahan agar terhidar dari penyakit kanker vulva ini juga sama yaitu melakukan vaksinasi HPV secara reguler. Tidak bergonta-ganti pasangan, tidak merokaok, tidak melakukan hubungan seks di bawah umur 19 tahun.

5. Kanker Vagina

Pada dasarnya organ intim wanita memang menjadi anggota tubuh yang cukup rentan terserang penyakit kanker, semua itu karena bakteri pada oragan intim wanita lebih mudah berkembang biak yang mengakibatkan beberapa penyakit kanker di area tersebut. Seperti kanker serviks, kanker vula dan juga kanker vagina ini. Kanker vagina adalah merupakan tumor ganas yang timbul pada area vagina namun tidak meliputi vulva dan juga serviks. Vagina ini terletak pada antar vulva dan juga serviks uteri.

Gejala yang bisa menjadi tanda jenis penyakit kanker ini adalah keluarnya cairan encer dari vagina, pendarahan, adanya benjolan yang di sebut tumor pada vagina. Dan juga rectum selalu terasa nyeri ketika kencing. adapun faktor yang menjadi pemicu dari hadirnya kanker vagina ini adalah kurangnya kebersihan pada bagian vagina, wanita perokok, sering bergonta-ganti pasangan, dan juga pernah memiliki riwayat penyakit kanker serviks.

Pada umumnya untuk mengetahui letak dari kanker vagina ini cukup sulit, karena vagina merupakan lokasi yang cukup sering terjadi penyakit kanker serviks dan juga endrometrium. Dan untuk pencegahan penyakit kanker vagina ini anda bisa melakukan tes pap smear.

6. Kanker Kulit

Kandungan bahan-bahan kimia yang terkandung pada kosmetik terkadang mampu menyebakan kanker kulit pada wanita. Seperti kandungan mercury yang terkandung di dalam beberapa pelembab wajah, hal tersebut ukuplah menjadi pemicu paling besar timbulnya kanker kulit pada wanita. Maka dari itu jika anda tidak ingin terserang jenis penyakit kanker yang satu ini anda bisa melakukan pencegahan yang paling utama yaitu mencegah menggunakan kosmetik yang mengadung mercury. Serta juga menghindari paparan sinar mataharai secara langsung dengan waktu yang lama.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *