Definisi Lengkap Tentang Kanker Nasofaring

Definisi Lengkap Tentang Kanker Nasofaring

Beberapa waktu lalu ada sebuah kisah yang beredar di media sosial facebook tentang seoarang suami yang menceritakan kisah istrinya yang terserang kanker nasofaring hingga ajal menjemputnya. Pada umumnya kanker nasofaring memang mejadi sebuah jenis kanker yang jarang terjadi namun, meskipun begitu yang namanya kanker pastinya sangat berbahaya jika sudah menyerang tubuh manusia. Kanker nasofaring merupakan sebuah tumor ganas yang tumbuh di antara hidung dan tenggorokan seperti namanya naso yang artinya hidung bagian belakang dan faring yang artinya tenggorokan. Meskipun jenis kanker yang satu ini merupakan jenis kanker yang jarang terjadi, tapi ada baiknya jika anda mengetahuinya yang kemungkinan besar akan bermanfaat untuk diri Anda sediri dan juga orang lain. Berikut ini definisi lengkap tentang kanker nasofaring……

Gejala dan ciri-ciri kanker nasofaring

Setiap penyakit kanker selalu memiliki gejala awal dan juga ciri-cirinya, begitu juga dengan kanker yang satu ini. Pada umumnya kanker nasofaring merupakan salah satu jenis dari kanker tenggorokan yang memiliki gejala yang cukup terlihat biasa di awalnya, dan berikut ini adalah indikasi dari gejala kanker nasofaring tersebut yaitu meliputi:

  • Adanya benjolan pada tenggorokan atau leher.
  • Tenggorokan terasa sakit.
  • Sering mengelami hidung tersumbat.
  • Suara berubah menjadi terdengar sedikit sengau.
  • Batuk kronis.
  • Mimisan, keluar darah dari hidung.
  • Gangguan pada pendengaran.
  • Telinga selalu terasa berdenging.
  • Infeksi pada telingan yang terus menerus.
  • Pandangan kabur atau terlihat ganda.
  • Sakit kepala.
  • Penurunan berat badan secara drastis.

Pada umumnya gejala penyakit kanker memang terlihat tidak serius, bahkan juga seperti gejala pada sakit tenggorokan biasa. Maka dari itu bagaimanpun juga anda harus waspada karena penyakit kanker nasofaring ini merupakan jenis kanker yang bisa mematikan manusia. Untuk membedakannya dari penyakit tenggorokan biasa gejala yang timbulkan pasti akan sering terjadi dan lama untuk sembuh tidak seperti penyakit tenggorokan biasa yang mungkin hanya meminum vitamin C akan mudah sembuh.

Penyebab atau faktor yang beresiko

Setiap manusia sudah terlahir dengan adanya sel kanker pada tubuhnya, dan sel kanker tersebut bisa berkembang menjadi sebuah penyakit yang mematikan dimanapun pada tubuh manusia, pada umumnya memang belum di ketahui secera pasti apa yang menjadikan sel-sel kanker pada tubuh manusia bisa berkembang dan menyerang tubuh manusia seperti terjadinya kanker nasofaring ini. Tapi, ada beberapa faktor atau penyebab yang menjadi terjadinya jenis penyakit kanker ini seperti faktor keturunan atau juga faktor-faktor di bawah ini.

1. Pola makan tidak sehat

Pola makan yang tidak sehat diduga menjadi penyebab utama dari terjadinya kanker nasofaring pada tubuh manusia seperti

  • Sering merokok atau mengkonsumsi tembakau secara langsung.
  • Sering makan makanan asin seperti ikan asin.
  • Sering mengkonsumsi minuman keras beralkohol.
  • Kebiasaan mencium unggas.
  • Seringnya menghirup asap seperti asap dapur atau juga karena sering menjadi perokok pasif.
  • Kurang mengkonsumsi buah dan sayur secara rutin.

2. Faktor medis

Ada beberapa kondisi medis yang menjadi penyebab dari kanker nasofaring seperti pernah terinfeksi virus HPV [Human papillomavirus] atau juga karena memiliki penyakit asam lambung atau GERD.

3. Faktor usia

Pada umumnya penyakit kanker memang lebih rentan menyerang manusia yang memiliki usia lanjut seperti juga kanker nasofaring ini, jenis kanker yang satu ini lebih rentan menyerang manusia yang berusia lanjut usia 60 ke atas.

Diagnosis dan stadium kanker nasofaring

Jika Anda merasa ada gejala-gejala di atas sebaiknya lekaslah memeriksakan diri ke rumah sakit agar anda tahu apakah gejala yang anda rasakan tersebut menjadi penyakit yang serius atau tidak. Dan dalam hal mendiaknosis kanker nasofaring hal pertama yang dilakukan para medis adalah meriksa kesehatan Anda, menanyakan gejala yang Anda alami, riwayat medis yang pernah Anda alami dan juga memeriksa kondisi fisik Anda. Dan dalam tahap meriksa fisik apakah anda terserang kanker nasofaring atau tidak? Biasanya dokter melakukan beberapa hal di bawah ini

  • Pengambilan sampel atau biasa di sebut biopsi.
  • Endoskopi atau laringoskopi.
  • Melakukan CT scan, foto X-ray, USG, PET scan dan juga MRI scan yang berguna untuk mengetahui sampai dimana penyebaran kanker nasofaring.

Dokter akan terbantu jika mengetahui penyebaran dan juga stadium kanker nasofaring yang anda derita, karena dengan mengetahui stadium dan juga penyebarannya dokter akan tahu cara penanganan yang akan di jalani secara tepat. Dan berikut ini tingkatan stadium kanker nasofaring dari stadium satu hingga stadium 4.

  1. Stadium 1. Tumor yang tumbuh pada naso dan faring masih berukuran kecil sekitar 7cm atau juga lebih.
  2. Stadium 2. Tumor nasofaring sudah mulai tumbuh besar, tetapi belum menyebara kedalam noda limfa atau oragan tubuh di dekat tenggorokan lainnya.
  3. Stadium 3. Sel kanker sudah mnyebar pada noda limfa dan juga organ tubuh lainnya di dekat tenggorokan.
  4. Stadium 4. Kanker sudah parah dimana sel kanker sudah menyebar pada noda limfa dan juga menyebar ke dalam angota tubuh lainnya, organ di luar tenggorokan.

Pengobatan yang bisa di lakukan

Dalam pengobatan kanker nasofaring ada beberpa hal yang perlu di lakukan yang harus diseuaikan dengan lokasi tumbuhnya tumor, tahap tumor atau stadium kanker dan juga kesehatan dari pasien tersebut. Pada dasarnya pengobatan atau pendiagnosisan pemyakit kanker memang lebih baik jika di lakukan sedini mungkin sebelum stadium mulai berlanjut, begitu juga dengan pengobatan dan juga pendeteksian penyakit kanker nasofaring. adapun beberpa tahap yang bisa di lakukan untuk pengobatan kanker nasofaring ini adalah radioterapi, kemoterapi, operasi dan juga terapi biologis.

Pada tahap kanker nasofaring stadium awal radioterapi adalah pengobatan yang sering dilakukan oleh para dokter, yang mana radioterapi ini memang sangat ampuh untuk mengatasinya. Dan jika stadium sudah lanjut radioterapi akan di kombinasikan dengan kemoterapi yang mana hal ini merupakan upaya untuk mensensitivkan sel-sel kanker pada proses radioterapi. Ketika kombinasi radioterpai dan kemoterapi ini di lakukan ada beerpa efek samping yang akan di rasakan oleh paien seperti muntah, mual, diare hebat, nafsu makan berkuarang dan juga sariawan.

Selain kemoterapi dan juga radioterpai operasi juga menjadi sebuah cara pengobatan yang akan di lakukan oleh dokter. dan dalam metode operasi kanker nasofaring ini di bagi menjadi beberapa jenis. Yang mana jenis operasi ini akan di berlakukan prosedur tergantung dengan lokasi tumor dan juga stadium dari kanker tersebut. berikut jenis-jenis operari yang bisa di lakukan.

  • Untuk kanker nasofaring stadium awal sangat di anjurkan melakukan prosedur operasi melalui endoskopi.
  • Laringektomi, prosedur untuk menangani tumor yang masih berukura kecil, operasi ini mengangkat sebagian kotak suara yang sudah terkena kanker.
  • Faringektomi prosedur operasi yang berguna untuk pengangkatan sebagaian atau bahkan juga seluruh bagian dari tenggorokan  yang sudah terserang kanker.
  • Jika noda limfa leher sudah terserang kanker, bisa dikatakan jika kanker sudah dalam tahap stadium paling tinggi. untuk itu prosedur operasi yang dilakukan adalah pengangkatan noda limfa. Prosedur ini juga berguna untuk memeriksa sel-sel kanker yang terdapat pada noda limfa.

Selain semua pengobatan untuk kanker nasofaring tersebut di lakukan ada juga pengobatan terpai biologis, dimana para pasien kanker nasofaring mengkonsusmi obat yang berguna untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

Cara mencegah kanker nasofaring

Jika Anda tidak ingin mengidap kanker nasofaring atau juga jika anda ingin memaksimalkan pengobatan, anda juga harus melakukan beberapa di bawah ini:

  • Perbanyak makan buah-buahan dan juga sayur-sayuran.
  • Jauhi makanan yang memiliki kadar garam yang tinggi terutama ikan asin.
  • Jangan merokok dan juga jangan minum minuman beralkohol. Apalagi jika anda dalam proses pemulihan dari kanker nasofaring, merokok dan juga minuman keras dapat menghambat pemulihan tubuh bahkan juga beresiko untuk anda terkena jens kanker lainnya.

Itulah definisi lengkap dari kanker nasofaring, dari gejala, ciri-ciri, penyebab, cara mendiagnosis dan juga pengobatannya. Dimana semuanya itu bisa Anda jadikan sebuah pengetahuan meskipun kanker nasofaring memang menjadi jenis kanker yang langka namun dia juga tergolong pada jenis kanker yang perlu Anda waspadai. Bagaimana? Apakah Anda sudah mengerti tentang kanker nasofaring ini? semoga ulasankali ini bisa bermanfaat untuk Anda……

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *