Kanker Usus Besar

Kanker usus besar adalah tergolong kanker yang ganas yang bisa mematikan bagi siapa saja yang mengidapnya. Kanker usus besar ini terjadi pada usus besar dimana usus besar ini adalah alat pencernaan manusia, jika ada masalah seperti tumbuhnya tumor pada usus besar pastinya hal tersebut akan memperngaruhi tubuh. Penyakit kanker yang satu ini bisa menyerang manusia pada usia apapun meskipun 90% yang mengidap kanker ini adalah orang yang berusia di atas 60 tahun. kanker usus besar terjadi karena adanya tumor yang tumbuh didalam tubuh, dimana jika tumor ini tidak di tangani dengan cepat dengan mengkonsumsi obat kanker ataupun melakukan pengobaan secara medis, tumor akan menggangu jalannya pencernaan, bahkan bisa meregang nyawa.

Gejala-gejala yang di timbuklan oleh kanker usus besar

  1. Terasa nyeri atau kram pada bagian perut.
  2. Perut sering kembung.
  3. Feses bercampur dengan darah.
  4. Bahkan terkadang anus juga mengeluarkan darah.
  5. Frekuensi buang air besar semakin besar atau diare.
  6. Terasa lelah.
  7. Berat badan menurun drastis.
  8. Kurang nafsu makan.

Jika di antara Anda saat ini ada yang memiliki beberpa gejal tersebut, segeralah menemui dokter untuk memeriksa dan mendiagnosa apakah ada kanker pada perut Anda. Perlu Anda tahu juga tidak semuanya gejala di atas di rasakan oleh penderita kanker usus besar. Yang terkadang mungkin hanya feses yang bercampur darah dengan rasa nyeri pada perut, ada juga yang hanya merasa nyeri yang hebat pada peutnya. Untuk itu kita yang masih sehat wajib waspada, apalagi jika memiliki resiko mengidap kanker ini seperti kaena faktor keturunan, sudah sewajibnya jika harus memperdulikan kesehatan usus.

Dan berikut ini adalah beberapa penyebabnya…

  1. Kekurangan serat di dalam tubuh.
  2. Sering mengkonsumsi daging merah.
  3. Minum minuman beralkohol.
  4. Merokok.
  5. Penderita diabetes.
  6. Memiliki riwayat mengidapa penyakit pencernaan seperti radang krosni pada usus besar.
  7. Faktor keturunan.
  8. Obesitas atau kelebihan berat badan.
  9. Berusia 60 tahun.
  10. Kurangnya olah raga.
  11. Pola makan yang kurang sehat.

Tahapan stadium pada kanker usus besar

Selanjutnya adalah pembahansan untuk tahapan stadium kanker usus besar. Setiap penyakit kanker pasti selalu memiliki tahapan stadium dari stadium satu sampai dengan stadium lanjut atau 4. Dimana di setiap satdium-stadium tersebut pasti selalu ada gejala-gejala yang embedakannya, begitu juga dengan kanker usus besar seperti berikut ini.

  • Stadium 1.  Pada tahap ini tumor yang tumbuh pada usus besar masih kecil, dan juga belum menyebar pada anggota tubuh karena terhalang dengan dinding usus.
  • Stadium 2. Kanker mulai menyebar pada dinding usudan bahkan juga mulai menembusnya.
  • Stadium 3. Kanker telah menjalar dan mulai menggerogoti pada kelenjar getah bening yang berada di dekat usus besar.
  • Stadium 4. Sebuah satdium penyakit kankeryang memiliki 10% kemungkinan penderita untk hidup. Pada tahap ini berarti sel kanker yang ada pada usus besar sudah mnyebar ke seluruh tubuh dan menyerang semua anggota tubuh.

Diagnosa kanker usus besar

Sebelum dokter memvonis pasien masuk dalm stadium berapa. sudah pastinya dokter mendiagnosanya terlebih dahulu. Dan diagnosa untuk pasien dengan gejal kanker usus besar yaitu dengan melakukan

  • Kolonoskopi. Metode yang menggunakan alat panjang masuk dalam usus besar, yang mana alat tersebut di lengakapi dengan kamera, sehingga akan mengambil banyak gamabra untuk di amati oleh tim medis.
  • Biopsi. Mengambil sempel pada area usus besar, untuk di periksa di laboratorium.
  • Kolosnokopi visual. Sama seperti dengan kolonoskopi, tapi bedanya metode ini menggunakan selang yang kemudian mengeluarkan gas yang membuat usus melembung. setelah itu dokter akan mengamati setiap sudut usus dengan menggunakan CT-scan.

Pengobatan.

Ada abanyak pengibatan yang di lakukan oleh para dokter untuk menembuhkan penderita kanker usus besar seperti:

  1. Kemoterapi atau memasukakn obat kanker melalui aliran darah.
  2. Radioterapi.
  3. Operasi pemotongan.

Tidak jarang para dokter selalu mengkombinasikan penobatan-pengobatan terseebut untuk hasil maksimal. Tapi, setiap pengobatan yang di lakukan pasti selalu ada efek samping yang di timbulkan.

Pencegahan

Jika Anda memiliki faktor mengidap kanker usus besar, ada baiknya jika anda mengetahui cara pencegahannya. Meskipun untuk saat ini ada banyak obat kanker yang memiliki hasil efektiv tapi pencegahan masih tetap menjadi hal yang terbaik.

  1. Hindari asap rokok.
  2. Hentikan minum minuman alkohol.
  3. Olahraga teratur.
  4. Dan juga makan- makanan yang sehat.