5 Macam Penyakit Kanker yang Menyerang Pria

5 Macam Penyakit Kanker yang Menyerang Pria

Penyakit kanker memang menjadi sebuah penyakit yang sangat di takuti banyak orang, menurut mereka penyakit kanker adalah penyakit yang tidak bisa di sembuhkan dengan sempurna, sehingga siapapun bisa kehilangan nyawanya hanya gara-gara penyakit kanker. Jika sebelumnya sudah pernah di bahas tentang jenis penyakit kanker yang menyerang wanita, kali ini sebaliknya yaitu penyakit kanker yang menyerang pria. Sudah di katakan berulang-ulang kali bahwa pria ataupun wanita bisa terserang penyakit kanker kapan saja. Namun, juga ada beberapa yang hanya menyerang perempuan dan juga menyerang laki-laki, seperti dibawah ini ada 5 macam penyakit kanker yang menyerang pria. Pada umumnya pria lebih beresiko terkena beberapa jenis kanker semuanya itu karena terkadang banyak pria yang tidak memperdulikan kesehatannya bahkan juga kebersihannya seperti suka merokok, kurangnya waktu untuk istirahat, kurangnya makan buah dan sayur. Maka dari itulah beberapa penyakit kanker bisa saja menghampiri mereka kapanpun.

Pada dasarnya macam-macam jenis kanker yang menyerang pria merupakan jenis kanker yang bisa mematikan manusia, sehingga jenis kanker tersebut merupakan jenis kanker yang harus anda waspadai. Dan inilah macam penyakit kanker yang menyerang pria.

1. Kanker Paru-paru

Penyakit kanker pertama yang bisa menyerang pria kapan saja adalah kanker paru-paru. Semua itu di karenakan karena para pria memang selalu memiliki hobi merokok selama 20 tahun atau lebih, dan merokok adalah sebab utama dari kanker paru-paru. Pada umumnya kanker paru-paru memang menjadi jenis kanker yang mematikan manusia, semua itu memang benar karena hampr di setiap harinya selalu ada beberapa pria meninggal akibat kanker paru-paru ini.

Selain merokok adapaun penyebab lainnya dari kanker paru-paru ini adalah kontak dengan waktu yang lama dengan racun arsenik, asbes, uap chlorine, abu batu bara, radiasi, dan perokok pasif. Resiko kanker paru akan bertambah besar bagi perokok yang terkontaminasi karsinogen (bahan penyebab kanker).

Kanker paru-paru tidak bisa terlihat menjadi penyakit yang serius pada stadium awal karena pada stadium awal kanker paru-paru tidak memiliki gejala-gejala yang berat untuk di timbulkan. Tapi, pada stadium tertentu akan mulai erlihat beberpa gejal yang serius seperti batuk kronis yang sulit berhenti, batuk berdahak darah yang terus-menerus, suara menjadi serak dan parau, sesak nafas atau sulit bernafas, mudah merasa lelah, dan sering mengalami beberapa infeksi paru-paru seperti pneumonia atau bronchitis.

Untuk pengobatan penyakit kanker yang sering menyerang pria ini tergantung dengan lokasi, stadium, serta juga stamina dari pasien. Adapaun pengobatan yang sering di lakukan adalah pembedahan, kemoterapi [menggunakan obat-obatan yang di masukkan pada saluran darah ntuk berfungsi mematikan sel-sel kanker pada tubuh] Dan juga terapi radiasi [menggunakan energy radiasi untuk membunuh sel-sel kanker pada tubuh].

2. Kanker Prostat

Setelah kanker paru-paru, kanker prostat menjadi penyakit kanker ke 2 yang sering menyerang pria. Prostat adalah sebuah kelenjar yang ukurannya hanya sebesar biji kenari yang mengelilingi bagian atas dari uretra dimana uretar ini berfungsi sebagai saluran yang menyalirkan urine pada kandung kemih yang kemudian ke penis. Dan prostat ini memiliki kinerja bersama otot-otot kemih yang mengalirkan urine menggunakan uretra. Selain itu prostat juga berguna untyuk mengeluarkan semen atau cairan lubrikasi yang memindaahkan sperma dari testis.

Pria yang beresiko terkena kanker prostat ini adalah pria yang berusia di atas 65 tahun.

Pada umumnya kanker prostat sudah memiliki gejala dari stadium awal seperti kencing darah, sulit kencing atau jarang kencing, terasa sakit dan terasa terbakar ketika kencing, serta aliran kencing yang tidak deras. Bagi pria yang merasakan gejala-gejal tersebut di anjurkan untuk segera melakukan beberpa pemeriksaan dan juga pengobatan, karena penanganan penyakit kanker sedari dini akan mampu memperoleh hasil kesembuhan.

Adapun pengobatan yang yang di lakukan untuk jenis penyakit kanker penyerang pria yang satu ini adalah:

  1. Prostate Specific Antigen Test (PSA Test). Sebuah tes darah yang mengukur kadar PSA, jika kadar PSA meningkat berarti orang tersebut sudah posistif terkena kanker prostat.
  2. Digital Rectal Exam. Salah satu pengobatan penyakit prostat yang melakuakn tes pada dinding prostat. Dimana alat ini akan mampu mendeteksi jika ada sesuatu yang tidak normal pada kelenjar prostat, yang kemungkinan hal yang tidak normal itu adalah penyakit kanker.
  3. Pembedahan. Bila stadium kanker prostat sudah masuk dalam stadium lanjut, pembedahan merupakan pengobatan yang perlu di lakukan untuk mengankat tumor pada kelenjar prostat.
  4. Terapi radiasi sinar X. sebuah terapi yang menanamkan sebuah radiasi pada bagian prostat yang terserang penyakit kanker.
  5. Terapi hormon. Sebuah terapi yang berguna untuk mngurangi hormone pada pria sehingga membuat sel-sel kanker menjadi berkurang.

3. Penyakit Kanker Hati

penyakit kanker yang sering menyerang pris yang ketiga adalah kanker hati, pada umumnya kanker hati tiga kali lebih sering menyerang pria di bandingkan dengan wanita. Dan pria paruh baya atau pria dewasa memiliki resiko paling tinggi terkena kanker ini, namun juga bukan berarti bahwa pria muda tidak bisa terkena kanker hati. menurut para medis antara hepatitis B dan kanker hati memiliki hubungan, karena kanker hati sering terjadi pada daerah yang memiliki hepatitis paling rendah.
Factor-faktor penyebab kanker hati ini adalah seperti kanker prostat yaitu merokok pada jangka waktu yang sangat lama, dan juga sirosis hati (matinya sel-sel hati) akibat minum alkohol dan mengkonsumsi mikotoksin (racun yang diproduksi oleh jamur pada kacang dan jagung yang membusuk), biasanya ditemukan pada daerah tropis.

Gejala-gejala dari kanker hati ini biasanya tidak muncul pada stadium pertama. Namun, pada stadium lanjut ada gejala yang mulai akan di rasakan seperti rasa sakit atau rasa nyeri yang sangat pada paerut bahkan juga terlihat bengkak, mual, muntah, anemia, kurang nafsu makan, berat badan turun terus menerus, dan juga tes kandungan darah yang tidak normal, dan salah satu gejal yang terlihat bagian putih pada mata berubah menjadi kuning.

Untuk pengobatan penyakit kanker ini dokter akan melakukan pembedahan dan juga kemoterapi, dan tidak melakukan terapi radiasi karena hati merupakan anggota tubuh yang mudah rusak.
Untuk mencegah terjadinya kanker hati Anda bisa menurunkan prevalensi hepatitis B dengan memberikan vaksinasi pada bayi, menjaga kebersihan lingkungan tubuh dan makanan, serta juga harus makan dengan pola yang sehat.

4. Kanker Prankeas

Penyakit kanker yang ke 4 adalah kanker pankreas, pria yang memiliki riwayat medis diabetes memiliki resiko yang cukup tinggi terkena kanker pankreas ini. penyakit kanker yang satu ini juga masuk dalam kategori kanker yang mematikan di dunia, dimana kanker pankreas adalah tumbuhnya tumor yang tumbuh di dalam pankreas. Seringkali penyakit kanker ini di sebuat dengan kanker diam semua itu karena kanker pankreas ini tidak memiliki gejala-gejala yang serius dalam beberapa tahap stadiumnya. Dan hal itulah yang menjadikan kanker ini mematikan karean ketika di ketahui kanker ini sudah pada tahap lanjut, yang cukup tidak memungkinkan untuk di sembuhkan secara total.

Untuk saat ini kanker pankreas memang masih menjadi jenis kanker yang langka, maka dari sebab itulah banyak orang yang minim pengetahuan tentang penyakit kanker yang satu ini, sehingga membuat penyakit kanker pankreas bisa terjadi pada siapa saja dan jarang yang mendeteksinya sedari dini.

5. Kanker kulit

Kebanyakan orang mengira bahwa hanya perempuan yang bisa terkena kanker kulit, karena wanita lebih memperhatikan kulit mereka sehingga terkadang menggunakan bahan kosmetik yang berbahaya. Namun, nyatanya penyakit kanker kulit bisa menyerang pria bahkan bisa di katakan jika kanker kulit lebih beresiko tinggi menyerang pria dan juga beresiko menjadi kanker ganas semua itu karena pria lebih sering beraktivitas di luar rumah yang lebih sering terpapar sinar matahari secara langsung. Dan salah satu faktor penyebab dari kanker kulit adalah seringnya terpapar sinar matahari

Penyakit kanker yang satu bisa diobati secara cepat jika di ketahui sedari dini, bahkan juga bisa di sembuhkan secara total. Adapun gejala yang umum terjadi pada kanker kulit ini adalah kulit terasa gatal, panas dan terlihat seperti melepuh.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *