Apa Itu Kanker Prostat?

Apa Itu Kanker Prostat?

Apa itu kanker prostat? Mungkin Anda sudah pernah mendengar tentang jenis kanker yang satu ini, yang mana kanker satu ini memang lebih sering menyerang kaum pria. Kanker prostat merupakan sebuah tumor ganas yang timbul pada saluran kemih pria yang berguna untuk memproduksi sperma. Untuk jenis kanker ini memang penyebarannya sangat lamban namun, memiliki sifat kanker yang ganas yang menjadi salah satu jenis kanker yang perlu anda waspadai. Untuk itu jika anda maupun keluarga Anda ada yang di diagnosis memgalami kanker prostat pada tahap yang belum parah segera melakukan tindakan yang cepat agar kanker prostat tidak menyerang tubuh lain, jangan biarkan kanker prostat menyebar hingga tulang sehingga berakibat kanker tulang dan juga pada kelenjar getah bening.

Kanker prostat menjadi jenis kanker yang mematikan bagi para pria, menurut dari data WHO kanker prostat mnjadi jenis kanker ke 2 yang umum terjadi pada pria. lebih dari 1,1 juta orang di dunia menjadi pengidap mpenyakit ini. Bahkan di Indonesia sendiri ada lebih dari 12.000 arang pria yang menderita kanker prostat dengan angka kematian lebih dari 9000 orang pada tahun 2012 lalu. Untuk itu bagi Anda para pria jagalah tubuh Anda tersebut agar tidak terjadi hal yang menyakitkan bagi orang yang anda sayangi. Dan untuk mewaspadai terjadinya kanker prostat berikut ini ada beberapa penjelasan mengenai kanker prostat, dari penyebab, gejala, diagnosis dan juga untuk pengobatannya.

Penyebab kanker prostat

Pada umumnya kanker prostat lebih sering terjadi pada pria lansia yang brumur di ats 50 tahun, namun meskipun begitu bukan berarti pria dewasa yang berumur di bawah 50 tidak beresiko mengidap kanker prostat, karena untuk saat ini sudah banyak di temukan bahwa pria yang berumur 40 tahunan mengidap penyakit kanker yang satu ini. Belum ada peneliti yang mengeluarkan secara resmi apa sajakah penyebab kanker prostat? Meskipun ada beberapa penyebab yang di temukan namun itu belum menjadi penyebab yang secara pasti. Tapi, ada 2 faktor yang menjadi cukup umum penyebab kanker prostat yaitu faktor keturunan atau faktor genetik serta juga faktor lingkungan atau gaya hidup yang tidak sehat. Pria yang memiliki keturunan penyakit kanker prostat, mereka akan beresiko lebih tinggi mengidap kanker yang satu ini.

Gejala-gejala

Pada tahap awal kanker prostat ini tidak memiliki gejala yang terlihat serius, dan gejala akan mulai tampak jika benjolan pada saluran kemih atau prostat sudah mulai membekak yang mungkin sebesar kacang wealnut yang man hal tersebut akan berpengaruh pada uretra. Dan pada tahap inilah ada beberapa gejala yang mulai timbul seperti:

  1. Sering buang air kecil pada malam hari.
  2. Terasa nyeri ketika kencing.
  3. Kandung kemih yang terasa seakan-akan pnuh.
  4. Tekanan di saat mengeluarkan urin berkurang, atau air kencing yang keluar hanya sedikit.
  5. Adanya darah pada air seni dan juga sperma.

Terkadang, gejala-gejala di atas tidak hanya menjadi gejala untuk kanker prostat, karena terkadang gejala tersebut juga menjadi gejala dari infeksi saluran kencing. Untuk itu jika Anda sudah mulai merasakan gejala-gejala di atas lekaslah memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit, untuk mengetahui penyakit apa yang sedang menyerang Anda secara pasti.

Tingkatan stadium

Di setiap penyakit kanker pasti akan selalu terdapat tahapan stadium di yang mana stadium tersebut akan semakin bertambah dan semakin parah di setiap beberapa waktu jika pada stadium awalnya tidak di tangani secara cepat. Begitu juga pada kanker prostat pada dasarnya tingkatan stadium kanker prostat tergantung dengan menyebarnya sel kanker yang semakin parah. Dan untuk mengetahui tingkatan stadium kanker prostat para medis menggunakan sistem TNM, yang berarti T=tumor, N=nodus, M=Metastase, seperti di bawah ini

  • T1. Dalam tahap T1 ini tmor masih berada di dalam prostat dan belum mnyebar bahkan di raba melalui anuspun belum bisa.
  • T2. Tumor masih berada di dalam prostat tapi sudah bisa di raba.
  • T3. Tumor sudah menyebar pada sekitar prostat atau menyebar di kelenjar getah bening.
  • T4. Tumor sudah mnyebar di kelenjar getah bening dan juga tulang.
  • N1-3. Yang berarti sel kanker telah menyebar di tulang dan juga kelenjar getah bening namun belum kedalam nodus.
  • M 1a yang juga akan di ikuti oleh 1b dan 1 c. Stadium yang sudah parah di mana sel kanker telah menyebar pada tulag, kelenjar getah bening dan bagian-bagian tubuh lainnya.

Terjadinya kanker prostat ini ada hubungannya dengan kandungan testosterone yang kemungkinan besar penyakit ini akan menetap seumur hidup. Hal ini juga di pengaruhi karena sifat dari kanker prostat yaitu independen testosterone hingga pada fase akhir penyakit tersebut.

Diagnosis kanker prostat

Ada beberapa cara atau tes yang bisa di gunakan untuk mendiagnosa kanker prostat seperti…

Tes skrining pendeteksian dini

  • DRE [Digital Rectal Examination] Tes ini akan di lakukan oleh dokter dengan jarinya telah di bungkus untuk di masukkan di daam rektur dan memeriksa apakah ada gumpalan atau timbulnya dari kanker prostat.
  • Tes PSA [prostat-Spacific Antigen] Jenis tes skrining yang satu ini merupakan tes yang paling umum di lakukan oleh para dokter dengan memeriksa kadar PSA, yaitu protein yang telah di produksi oleh sel-sel kanker. Jika kadar PSA semakin tinggi atau banyak berarti semakin besar pula kemungkinan terdapatnya kanker.

Tes mendiagnosa kanker prostat

  • Biopsi prostat. Jika sudah diyakinkan adanya kanker prostat selanjutnyamelakukan tes biopsi prostat yang berguna untuk mengambil sampel prostat, untuk mengetahui positif tidaknya penyakit kanker.
  • Ultrasound Trans-rektal. Sebuah prosedur yang digunakan untuk mendiagnosi kanker prostat dengan menggunakan gelombang sura untuk mensulisasikan kenjar prosta. prosedur yang satu ini sering di gunakan secara bersamaan dengan biopsi untuk membantu jarum menuju prostat yang di duga tempat tumbuhnya tumor.

Tes setelah kanker prostat terdiagnosa

  • Tes metastasis. Jika dalam prosedur biopsi telah dinyatakan positif terdpatnya kanker prostat, tes selanjutnya adalah melakukan ST scan atau X-ray hal ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kanker telah menyebar. Selain itu ST-scan atau MRI juga bisa menemukan tumbuhnya kanker prostat secara tepat.
  • PSA-levels. Pada tes skrining sudah di lakukan tes PSA atau untk mengetahui kadar protein yang di produksi oleh kanker dan jika kadar PSA 20ng/ml bisa dikatakan bahwa dengan kadar tersebut kanker belum menyebar ke dalam tubuh. Tapi, jika kadar sudah 40ng/ml berarti kanker telahmenyebar ke seluruh tubuh.

Penilaian kanker prostat

Pada dasarnya kanker prostat memiliki beberapa penilaian berdasarkan dengan sisitem gleason, untuk mengukur tingkat oraganisator kanker prostat dengan menggunakan mikroskop.

  • Grade 1. Jaringan kanker masih terlihat seperti prostat biasa.
  • grade 2 hingga 4. Ada perbedaan antara beberapa sel kanker sebagian terdapt sel kanker yang terlohat norma dan sebagian lagi tidak. dan perbedaan antar sel-sel kanker tersebut terlihat dengan jelas.
  • Grade 5. Jaringan kanker terlihat dengan jelas tidak normal.

Hal ini di lakukan karena kanker prostat memiliki area nilai yang terkadang memang tidak tepat.

Pengobatan yang bisa di lakukan

Jika Anda sudah melakukan serangkaian tes untuk mendiagnosa kanker prostat dan hasilnya positif, anda tidak perlu berkecil hati ada beberpa cara pengobatan yang bisa anda lakukan untuk menangani kanker prostat. Namun, pengobatan untuk kanker prostat ini juga harus sesuai dengan stadium, gejala, umur kanker dan juga kesehatan dari pasien.

Bedah

Jika stadium dan umur kanker sudah di tentukan, terkadang bedah menjadi slah satu solusi pengobatan yang umum di lakukan dengan mengangkat kelenjar prostat, jika memang tumor hanya satu tempat saja. Biasanya pengobatan yang satu ini memiliki efek samping seperti impotensi.

Terapi Radiasi

Sama dengan bedah pengeobatan kanker prostat ini bisa di lakukan jika kanker hanya bertempat pada satu tempat saja. Dan untuk prosesnya terapi radiasi ini menggunakan sinar yang berenergi tinggi untuk membunuh sel-sel kanker.

Kemoterapi

Kemoterapi berguna untuk menghilangkandan juga meringankan gejal kanker prostat yang jika dirasa beberapa cara pengobatan  yang pernah di lakukan sebelumnya kurang efektif.

Terapi Hormon

Sebuah pengobatan kanker prostat yang modern, biasany terapi ini berguna jika kanker telah menyebar di sekitar prostat, hormon berguna untuk memperlambat pertumbuah sel kanker dengan melawan efek testoteron.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *