6 Jenis Kanker yang Bisa Mematikan Manusia

6 Jenis Kanker yang Bisa Mematikan Manusia

Memang bisa dikatakan bahwa tidak sedikit dari pasien kanker yang meninggal karena beberapa sebab, namun seperti yang kita ketahui, jika manusia itu mau untuk berusaha untuk sembuh pasti ada jalan yang bisa dilakukan untuk benar-benar sembuh dari penyakit kanker. Berikut ini kami bagikan informasi yang sangat penting pada Anda tentang 6 jenis kanker yang bisa mematikan manusia, dari 6 jenis kanker ini memang banyak sekali di derita manusia. Namun begitu untuk mengetahui tentang dunia kesehatan mari kita pahami lebih dalam tentang penyakit & jenis kanker. Kami tidak bermaksud untuk menakut-nakuti Anda namun ini adalah sekedar informasi yang harus Anda ketahui, supaya kedepannya Anda bisa lebih berhati-hati terutama untuk antisipasi terjadinya kanker pada tubuh kita. Berikut ini 6 jenis kanker yang sering kali dikatakan bisa membunuh penderitanya.

Jenis Kanker Payudara

Jenis kanker yang bisa membunuh manusia pertama adalah kanker payudara, jenis kanker ini disebut-sebut & paling banyak dibicarakan, hingga saat ini jenis kanker payudara sudah menyumbang sekitar 7,4% kematian diseluruh dunia. Jenis Kanker ini menyerang pada jaringan payudara pada wanita maupun pria, meski pun jenis kanker ini cenderung lebih banyak dialami oleh wanita. Perkembangan sel kanker berasal dari saluran susu atau lobulus yang memasok saluran tersebut dengan susu. Untuk proses pengobatan kanker ini umumnya akan dilakukan dengan cara pembedahan, kemoterapi, terapi hormonal, imunoterapi, dan radiasi. Untuk operasi pembedahan biasanya hanya dilakukan untuk mengangkat jaringan yang terkena kanker, setelah itu diadakan lagi proses kemoterapi yang dimana proses ini akan membuat sel kanker tidak lagi kembali lagi. Beberapa tahap ini sangat penting untuk kanker payudara, sebab tanpa ada kemoterapi kemungkinan besar akan kembali lagi.

Jenis Kanker Pankreas

Jenis kanker Pankreas adalah kelenjar endoktrin yang memproduksi beberapa hormon termasuk insulin, glukagon dan somatostatin serta organ pencernaan yang berfungsi mensekresikan enzim dan membantu untuk penyerapan nutrisi. Kanker pankreas adalah jenis kanker penyebab kematian ke-empat di dunia. Progonosis dari penyakit ini sangat buruk, sekitar 6% persen yang mampu bertahan hidup dalam kurun waktu lima tahun. Ini yang sering disebut-sebut sebagai kanker yang mematikan pada manusia. Bagian yang paling menakutkan pada kanker pankreas adalah gejalanya yang sulit di deteksi secara umum, sehingga jenis kanker ini sering kami dijuluki “silent killer”. Oleh karena itulah, kanker pankreas ini sangat sulit di diagnosis hingga kemudian bisa terlihat setelah mencapai stadium tertentu.

Beberapa gejala kanker pankreas diantaranya adalah hilangnya nafsu makan, penurunan berat badan, sakit kuning (penguningan pada mata dan kulit), rasa nyeri di bagian perut, diabetes (disebabkan oleh menurunnya fungsi pankreas dalam memproduksi insulin), depresi karena perubahan hormonal, dan pembekuan darah di bagian ujung (portal) pembuluh darah. Faktor utama dengan resiko tertinggi adalah keturunan dan usia (mayoritas penderita berusia 60 tahun ke atas). Faktor lainnya adalah merokok dan alkohol, meskipun faktor alkohol ini sampai saat ini masih menjadi perdebatan. Faktor lainnya adalah obesitas dan konsumsi daging-dagingan merah tanpa asupan sayuran dan buah-buahan yang cukup. Minuman bersoda (soft drink) merupakan salah satu faktor makanan yang berkontribusi meningkatkan resiko, sama halnya dengan diabetes.

Jenis Kanker Usus Besar

Selain kanker pankreas dan juga kanker payudara jenis kanker usus besar juga menjadi sebuah jenis kanker yang mematikan. Kanker usus besar ini merupakan kanker kolokteral yang terjadi di usu besar. Yang mana usus besar sendiri merupakan bagian dari sistem pencernaan yang paling akhiar sebelum di bauang yang menyerap air dan juga garam di dalam tubuh. Stadium awal dalam jenis kanker yang satu ini bisa dikatakan dapat di deteksi melalui kolonoscopy yang mana pada tahap ini 90% masih bisa di sembuhkan. Namun, jika kanker yang satu ini sudah menyebar hingga pada kelenjar getah bening kemungkinan besar hanya 48% saja. Dan jika menyebar lagi akan bisa menurun drastis hingga kemungkinan sembuh hanya 7% saja.

Pada dasarnya gejala yang ditimbulkan dalam kanker jenis ini tergantung pada posisi tumor, dan yang paling membahayakan ketika tumor timbul di dekat area anus. Jika tumor tersebut berada di dekat anus bisa jadi gejala awal yang di timbulkan seperti banyaknya gangguan pencernaan, sembelit, diare, buang air yang mana semuanya itu tidak seperti biasanya dan juga pendarahan gastrointestinal. Dan ketika gejala-gejala tersebut hanya di anggap sepele kemungkinan besar tumor yang tumbuh akan semakin membesar yang mengakibatkan perut semakin membengkak dan mengembung. yang kemudian lama kelamaan akan menyebabkan perforasi atau perlubagan dan juga peritonitis radang selaput perut. Kebanyakan tumor usus besar ini terletak di lambung sebelah kiri, dan hal itulah yang sangat fatal karena karena tumor yang tumbuh berada di dekat ginjal yang membuat ginjal menjadi tidak berfungsi dengan noramal karena terjadi pembengkakan ginjal atau hidronefrosis.

Untukpenderita kanker usu besar ini lebih rentan menyerang para orang tua yang umurnya di atas 50 tahun. jika ada seseorang yang mengidap kanker ini di bawah umur 50 tahaun berarti itu di sebabkan karena keturunan. Dan orang yang lebih besar beresikao penyakit kanker ini adalah para perokok aktiv.

Kanker Paru-paru

Survei membuktikan bahwa jenis kanker paru-paru ini menjadi jenis kanker yang mematikan nomer satu di dunia. Di setiap tahunnya lebih dari 1,5 juta orang di dunia meninggal karena penyakit kanker paru-paru ini. Kanker jenis ini merupakan kanker jenis karsinoma dan ciri-ciri penyakit kanker yang satu ini di tandai dengan berkembangnya sel kanker di area paru-paru.

Ada beberapa gejala yang di timbulakn oelh kanker paru-paru yaitu seperti muntah darah, sesak nafas, batuk kronis yang di sertai nyeri pada dada, sering merasa lelah, kesulitan saat menelan dan juga penurunan berat badan secara drastis. Kanker paru-paru ini bisa di deteksi secara pasti melalui CT scan yang kemudian di beritahu oleh biopsi.

Perlu Anda tahu bahwa penyebab paling utama dari penyakit kanker paru-paru ini adalah merokok. Dan penyebab lainnya seperti paparan sinar matahari, sering terkena poslusi dan juga faktor keturunan juga bisa menjadi penyebab kanker paru-paru ini.

Kanker Darah atau Leukemia

Kanker darah atau yang lebih di kenal dengan penyakit leukimia memang menjadi jenis kanker yang harus di waspadai karena lebih dari 1,4 juta oarang di dunia meninggal karena penyakit kanker yang satu ini. Penyakit kanker darah ini di sebabkan karena adanya penyimpanganpada sela darah puith, yang mana jumlah sel darah putih lebih besar di bandingkan dengan jumlah sel darah merah sehingga mebuat tubuh tidak bisa bekerja dengan normal.

Adapun gejala-gejala yang ditimbulkan oleh kanker darah ini adalah demam, mual dan muntah, mudah lelah, mata dan kulit berwarna kuning, penurunan berat badan secara drastis dan jika penyakit ini sudah memasuki tahap yang paling parah akan timbul gejala muntah darah dan juga mimisan. Penyakit kaker darah ini lebih rentan menyerang anak-anak dan juga para orang tua yang berumur lebih dari 60 tahun.

Kanker Prostat

Jenis kanker yang mematikan ke-6 adalah kanker prostat, selain kanker paru-psru kanker prostat ini juga menjadi jenis kanker mematikan untuk para pria. Kanker prostst ini terjadi pada jaringan prostat, dimana prostat sendiri merupakan kelenjar atau ada dalam alat reproduksi pria yang menyimpan cairan alkali berwarna keputihan atau lebih biasa di kenal dengan mani. Penyakit kanker prostat ini bisa di kenali setelah tahap stadium 2 dan juga stadium ke 3.

Untuk mendeteksi penyakit kanker prostat ini biasanya menggunakan CT scan yang di konfirmasi menggunakan biopsi. Adapun gejala-gejal yang mudah untuk di kenal pada jenis kanker ini adalah rasa nyeri, seing buang air kecil, adanya darah dalam urin, impotensi atau organ seksual yang tidak berfungsi, kesulitan ejakulasi dan beberapa lainnya. Sedangkan penyebabanya karena faktor genetik atau keturunan, pola makan yang tidak teratur atau buruk dan beberapa faktor lainnya.

Itulah ke 6 jenis kanker yang bisa mematikan. Pada umumnya untuk hidup sehat tanpa adanya masalah kesehatan pada tubuh, Anda harus benar-benar bisa menjaga pola makan Anda se-sehat mungkin serta juga olah raga yang teratur.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *