6 Jenis kanker yang Rentan Menyerang Anak-anak

6 Jenis kanker yang Rentan Menyerang Anak-anak

Memang banyak yang tidak tahu jika pada umumnya anak-anak lebih rentan terserang penyakit kanker daripada orang dewasa. Maka dari itu setiap orang tua harus tahu jenis kanker apa saja yang bisa menyerang pada anak karena bukan tidak mungkin jika anak Anda bisa mengidap salah satu jenis kanker yang rentan menyerang anak-anak. Pada umumnya kanker yang menyerang orang dewasa masih memiliki kemungkinan untuk di sembuhkan, namun jika kanker sudah menyerang anak-anak bisa dikatakan mustahil untuk di sembuhkan. Ada banyak jenis kanker yang menyerang anak-anak, yang mana semua kanker tersebut juga masuk dalam kategori jenis kanker yang bisa mematikan manusia. Dari pada anda mengira-ngira kanker-kanker tersebut, berikut ini adalah 6 jenis kanker yang rentan menyerang anak-anak.

1. Leukemia atau Kanker Darah

Jenis kanker yang sangat rentan sekali mnyerang anak-anak adalah kanker darah atau lebih di kenal dengan penyakit leukimia. Kanker darah ini juga masuk dalam kategori jenis kanker yang perlu Anda waspadai karena di setiap tahunnya lebih dari 700 ribu anak-anak di dunia meninggal di karena kanker darah ini. Penyakit kanker darah merupakan adanya kelainan pada darah yaitu jumlah darah putih yang lebih besar di bandingkan dengan darah merah, sehingga membuat tubuh tidak bisa bekerja dengan normal.

Adapun gejala-gejala yang di timbulkan oleh kanker darah pada anak adalah:

  • Demam serta pucat akibat kurangnya kadar eritrosit dalam darah merah.
  • Pendarahan. sering mimisan, muntah darah, gusi berdarah, bahkan terkadang darah juga akan keluar dari pori-pori kulit.
  • Kejang.
  • Merasa nyeri sendi pada tulang.
  • Perut yang mual dan membesar namun berat badan turun drastis.

Jika saat ini anak Anda atu saudara Anda mengalami gejala di atas, segeralah memeriksakannya di rumah sakit.

2. Kanker Otak

Kanker otak memang menjadi jenis kanker yang kerap hinggap pada anak-anak, jenis ini memang menjadi jenis kanker yang sangat kuat, banyak anak-anak yang pada akhirnya meninggal karena penyakit kanker yang satu ini. kanker otak ini di sebabkan karena tumbuhnya benjolan atau yang lebih terkenal dengan sebutan tumor di dalam otak yang terkadang berada di otak bagian bawah pada batang otak atau cerrebellum, yang pada akhirnya menggagngu saraf otak. dan benjolan tersebut tidak mungkin bisa di raba. sehingga kanker otak ini hanya bisa di deteksi dengan CT skan yang di konfirmasi ke dalam biopsi.

Gejala-gejala kanker otak ini adalah:

  • Pusing atau sakit kepala yang parah.
  • Demam.
  • Mual terus menerus.
  • Muntah.
  • Penglihatan yang sedikit demi sedikit akan kabur.
  • Susah memegang benda.
  • Dan juga berbicara yang mulai tidak lancar.

Jika kanker otak ini tidak di tangani secara cepat, bisa jadi sel kanker akan cepat menjalar dan merusak fungsi saraf otak. Karena pada dasarnya sel kanker memang sangat cepat menjalar dan mudah merusak organ-oragan tubuh manusia.

3. Kanker Tulang

Jenis kanker yang rentang menyerang anak-anak yang ke3 adalah kanker tulang. Ternyata kanker tulang tidak hanya menyerang orang-orang yang memiliki usia lanjut, melainkan anak-anak yang masih memiliki usia sangat mudah juga memiliki resiko terjangkit penyakit kanker yang satu ini. Perlu Anda tahu juga bahwa sebenarnya kanker tulang yang mnyerang anak-anak ada 2 jenis yaitu.

  1. Osteosarcoma. Jenis kanker tulang yang pertama ini tidak memiliki gejala yang amat membahayakan, bahkan tidak ada rasa sakit yang parah dan juga pembekakan, namun, lama kelamaan akan timbul rasa sakit atau nyeri pada tulang yang semakin lama akan semaki memburuk.
  2. Ewingsarcoma. Pada dasarnya untuk jenis kanker tulang yang satu ini memang jarang terjadi, tapi setidaknya anda harus waspada karena jenis kanker tulang yang satu ini lebih rentan menyerang para remaja pria. Untuk pengenalan gejalanya kanker tulang jenis ini sering di tandai rasa sakit dan nyeri pad tulang yang semakin hari semakin memburuk.

Para orang tua harus waspada dengan ke2 jenis kanker tulang tersebut. Pada umumnya ke dua jenis kanker tulang tersebut memang tidak memiliki gejala yang terlihat serius, sehingga kebanyakan orang sudah mengetahui kanker tulang ini ketika keadaan sudah tidak memungkinkan lagi untuk di sembuhkan.

4. Kanker Bola MataS

alah satu jenis kanker yang kerap menyerang anak-anak adalah kanker mata. ada umumnya kanker bola mata ini lebih kerap di temukan menyerang para balita. Namun, untuk saat ini kanker bola mata bisa di deteksi dengan sangat mudah di bandingkan jenis-jenis penyakit kanker yang menyerang anak lainnya. Karena untuk saat ini hampir di setiap puskesmas sudah terdapat alat pendeteksi yang di beri nama ophtalmoscope. Alat ini bisa membantu dokter untuk mengetahui apakah anak balita tersebut terserang penyakit kanker bola mata atau tidak.

Alat ophtalmoscope ini memiliki hasil kerja yang sangat baik dimana jika dokter melihat mata anak dengan dengan alat ini terlihat mata anak memantulkan warna merah berarti mata anak tersebut sehat. Dan sebaliknya jika mata anak terlihat biasa saja dan terlihat juling, bisa jadi anak tersebut menderita penyakit kanker mata ini.

Sebenarnya untuk mendeteksi jenis kanker bola mata ini, para oarang tua juga bisa mendeteksinya dengan sendiri dengan menggunakan kamera flash. Jika Anda memotret anak dengan kamera flash dan hasilnya mata anak memantulkan warna merah berarti mata anak sehat. Dan jika hasilnya sebaliknya, sudah semestinya Anda harus memeriksakan anak di rumah sakit.

5. Jenis Kanker Nefroblastoma

Mungkin bagi orang awam mereka belum tahu tentang jenis kanker yang satu ini, yang padahal sebenarnya penyakit kanker neuroblastoma merupakan kanker paling ganas yang sering mnyerang anak-anak. Sebenarnya jenis kanker ini biasa di sebut dengan kanker ginjal atau tumor wilms. adapun gejala-gejala yang di timbulkan oleh kanker neuroblastoma ini adalah.

  • Demam tinggi.
  • Mual.
  • Muntah.
  • Nafsu makan yang menurun.
  • Pembengkakakn serta adanya benjolan di bagian perut.
  • Merasa nyeri di bagian perut.
  • Dan yang paling fatal ketika sudah kencing darah.

Kanker jenis ini cukup ganas yang berakibat fatal karena merusak fungsi dari ginjal.

6. Neuroblastoma

Antara jenis kanker nomer 5 dan nomer 6 memang hampir sama, yang sama-sama rentan untuk mnyerang anak-anak. Jika nefroblastoma menyerang anak di usia 10 tahun kebawah. Neuroblatoma malah menyerang anak ketika masih dalam kandungan atau pada umumnya sering menyerang bayi. Berbeda dengan nefrobalstoma yang menyerang ginjal, neuroblastoma ini bisa menyerang di mana saja di mata, leher, perut dan juga rongga dada, yang mana gejala awal kanker neuroblastoma ini sering di tandai dengan demam tinggi serta nyeri.

Itulah ke 6 jenis kanker yang rentan menyerang anak-anak, yang mana hal itu memang wajib di ketahui oleh Kita para orang tua, untuk selalu menjaga anak-anak kita dari penyakit yang mematikan tersebut. Sebenarnya ada banyak cara untuk mencegah terjadi penyakit kanker pada anak, yang bisa Anda lakukan sedini mungkin sebelum ada  salah satu jenis kanker di atas yang menyerang Anda. Berikut caranya…

  1. Menurut para ahli di jaman yang modernseperti sekarang ini banyak orang tua yang tidak benar-benar memperhatikan makanan yang di konsumsi anak serta gaya hidup mereka. Seperti sekarang ini banyak orang tua yang sering membelikan makanan junk food yang mana jenis makanan tersebut sudah nyata memiliki pengaruh yang tidak sehat. Untuk itu jika Anda ingin anak terhindar dari jenis-jenis kanker di atas ajarkanlah pola hidup sehat dengan makan makanan yang sehat sejak Ia di kandungan.
  2. Dorong anak-anak untuk lebih suka makan buah-buahan serta sayuran-sayuran yang bersoh dan higiensiyang man makanan tersebut akan memenuhi kebutuhan gizi mereka. Beritahu anak untuk menghindari hal-hal yang tidak baik untuk tubuh mereka seperti merokok dan juga terlalu sering terkena paparan sinar matahari.

Demikian info mengenal jenis kanker yang menyerang anak-anak, serta juga cara mencegah penyakit kanker agar tidak menyerang tubuh anak anda. Pada umumnya setiap manusia sudah memiliki sel kanker di tubuhnya sejak lahir, dan untuk mencegah sel kanker tersebut agar tidak berkembang biak di dalam tubuh kita, sudah saya katakan di atas bahwa kita harus menggunakan pola hidup yang sehat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *